MTs Ummul Quro Putri Pamekasan merencanakan untuk melaksanakan kegiatan Studi Banding di dua madrasah tsanawiyah sekaligus, yakni MTs Negeri 3 Pamekasan dan MTs Sumber Payung Ganding Sumenep. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada hari Rabu, 03 Februari 2021. Peserta studi banding tersebut terdiri dari 15 orang pendidik dan 9 orang pengurus Osis.
Untuk efesiensi waktu dan tenaga, sehingga sasaran yang akan kita perdalam saat studi lapangan dan interview jelas dan fokus, maka peserta dibagi 3 (tiga) kelompok. Ketiga kelompok tersebut yaitu; 1) Bidang Akademik dengan koordinator Usth Yuli Hendrayani, S.Pd., 2) Bidang Perpustakaan dan Literasi dengan koordinator Usth Masturah, S.Pd., dan 3) Bidang KeOSISan dan Madrasah Sehat dengan koordinator Usth Ulfatun Hasanah, S.Pd..
Sedang materi dari masing-masing
kelompok tersebut disusun sebagaimana berikut:
A. Bidang Akademik
- Bagaimana madrasah menyusun program yang inovatif untuk mendukung program Kanwil Kemenag Prov. Jatim, yakni program GEMI (Gerakan Madrasah Inovatif), baik saat kondisi normal maupun saat kondisi pandemi covid ’19 ini?
- Bagaimana madrasah menyusun program peningkatan mutu pendidik, sesuai program Kanwil Kemenag Prov. Jatim, KATA SI GURU (Peningkatan Kompetensi Guru)?
- Bagaimana penerapan PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) dan moderasi beragama di madrasah ini?
- Bagaimana langkah-langkah dalam penyusunan SOP (Standar Operasional Prosedur? Dan bagaimana SOP tersebut dilaksanakan?
- Bagaimana proses penyusunan kalender pendidikan? Termasuk kalender-kalender yang lain.
- Bagaimana cara meningkatkan kompetensi pedagogik dan professional pendidik, terutama dalam pembuatan perangkat pembelajaran, seperti RPE, Prota, Promes, Silabus, RPP dan KKM.? Biasanya kapan perangkat itu harus selesai?
- Bagaimana program tindak lanjut dari PH? Seperti pembuatan analisis, program remidi dan pengayaan.
- Bagaimana cara melaksanakan pembelajaran kontekstual, yakni pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran?
- Bagaimana kiat untuk menciptakan minat, budaya dan motivasi belajar peserta didik?
- Bagaimana cara membuat peserta didik berprestasi di bidang akademik?
- Apakah ada Standar khusus (lokal) kelulusan peserta didik?
B. Bidang Perpustakaan dan Gerakan Literasi
1. Apakah
Perpustakaan ini memiliki SOP (Standar Operasional Prosedur)? Bagaimana langkah-langkah
penyusunannya? Apakah dilaksanakan sesuai SOP? Bagaimana penerapan reward dan
punishment terkait pelaksanaan SOP tersebut?
2. Bagaimana
bentuk manajemen perpustakaan ini? Apakah ada jobdiscriptionnya? Berapa orang
pengurusnya?
3. Bagaimana
cara menambah buku perpustakaan, terutama buku-buku literatur? Dari mana
anggarannya?
4. Bagaimana
pelaksanaan program literasi madrasah sesuai program Kanwil Kemenag Prov Jatim,
yakni program GELEM (Gerakan Literasi Madrasah)?
5. Apakah
ada perubahan terhadap minat baca peserta didik dengan program GELEM itu?
6. Bagaimana
peran pendidik dalam pengembangan GELEM?
7. Apakah
ada program tindak lanjut dari program GELEM ini? Seperti menulis resensi buku,
menulis ulang atau menyampaikan secara lisan bahan yang dibaca, karya tulis,
dll.
C. Bidang KeOSISan dan Madrasah Sehat
1. Apa
program unggulan OSIS?
2. Dari
mana saja sumber anggaran OSIS, selain BOS?
3. Bagaimana
cara mengatur strategi waktu antara kegiatan ekstrakurikuler dengan kegiatan
intrakurikuler? Terutama dengan pesantren (bukan asrama)
4. Bagaimana
cara memotivasi peserta didik untuk mengikuti program ekstrakurikuler pilihan?
Apa saja ekstrakurikuler pilihan yang dilaksanakan di sini?
5. Apakah
nilai ekstrakurikuler wajib dan pilihan masuk ke nilai raport?
6. Bagaimana
penerapan sanksi terhadap peserta didik yang melanggar tata tertib madrasah ?
7. Bagaimana
persiapan untuk mencapai adiwiyata madrasah / madrasah sehat, sesuai program
GEMES (Gerakan Madrasah Sehat) Kanwil Kemenag Jatim?
8. Program
lingkungan hidup seperti apa yang diterapkan untuk menunjang adiwiyata madrasah
/ madrasah sehat (Program GEMES? Seperti sarana dan prasarana
9. Apakah
ada keterlibatan orang tua atau masyarakat dalam program madrasah sehat (GEMES)?
10 Bagaimana
pemanfaatan lahan di luar madrasah dalam penerapan program madrasah sehat
(GEMES)?
11 Bagaimana
pengelolaan produk yang dihasilkan dari program GEMES, terutama terkait anggaran?
Seperti hasi pengelolaan sampah, daur ulang, dll.